PEMBUKAAN PENYELENGGARAAN TRADISI PRESEAN BUDAYA SASAK DI DUSUN KETIREK DESA JEMBATAN GANTUNG

  • Sep 23, 2023
  • Admin Desa Jembatan Gantung

Pembukaan Event Tradisional yang diselenggarakan pada Jum'at 22 September 2023 yang dilaksanakan di Dusun Ketirek Desa Jembatan Gantung Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat pada pukul 16.30 WITA hingga selesai. Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Jembatan Gantung Suhaimi, Kepala Dusun Ketirek Fauzi, S.Pd, BABINSA, BHABINKAMTIBMAS, Kepala Dusun Sedesa Jembatan Gantung, Tokoh Agama dan Adat, Tokoh Pemuda dan Masyarakat. Acara ini akan dilaksanakan dari tanggal 22 September 2023 hingga 27 September 2023. 

 

Tradisi Presean merupakan seni tradisi yang berada di masyarakat Lombok. Tradisi ini semacam seni bela diri dalam adu ketangkasan antar ksatria suku sasak yang berada di Desa Jembatan Gantung, presean juga termasuk dalam seni tari daerah Lombok. 

 

Tradisi ini dilakukan dengan menggunakan rotan (pejalin) sebagai tongkat senjatanya dan perisai dari kulit kerbau yang tebal dan keras (ende) sebagai penangkis dari serangan lawan. Tradisi ini sudah turun temurun dan tetap dilestarikan sebagai budaya suku sasak. Dalam pertarungan tersebut selama 5 ronde dengan durasi 3 menit setiap rondenya. Serta pertarungan tetap menjunjung tinggi nilai sportifitas.

 

 

(Jembatan Gantung/ FDIK UINMA/ Dwi Ayu Oktafiari & Rini Gunarti)