PEKAN IMUNISASI NASIONAL POLIO DI DESA JEMBATAN GANTUNG

  • Aug 07, 2024
  • Admin Desa Jembatan Gantung

 

Jembatan gantung-lombok barat : pekan imunisasi nasional polio merupakan  pekan pemberian imunisasi polio untuk mencegah dan memutus penularan kelumpuhan pada anak.

 Kegiatan pekan imunisasi polio  ini dilaksanakan  pada hari Senin tanggal 29 juli 2024 yang di selenggarakan secara serentak sekecamatan lembar termasuk desa jembatan gantung, di mana kegiatan ini sudah di mulai  dari tanggal 23 juli lalu untuk dosis pertama dan dosis kedua akan di laksanakan pada bulan Agustus depan.

 Imunisasi Pin polio sangat penting untuk mencegah penyebaran virus polio, yang dapat menyebabkan kelumpuhan pada anak-anak, yang di mana sasaran imunisasi polio ini untuk seluruh anak usia 0-7 tahun.Pekan Imunisasi Nasional Polio biasanya diadakan sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mencapai target cakupan imunisasi yang tinggi di seluruh negeri.

 Pelaksanaan pekan imunisasi polio di jadwalkan mulai pukul 08:00 hingga selesai sekitar pukul 11:00, tergantung kondisi lapangan. kegiatan imunisasi tersebut di laksanakan di desa jembatan gantung dan terbagi menjadi 7 tim yang di mana dari setiap tim di bagi ke semua dusun yang ada di desa jembatan gantung dan Setiap tim bertanggung jawab 2 atau 3 lokasi. Pemberian 2 tetes vaksin polio secara serentak di laksanakan oleh tim medis, bidan, kader posyandu dan di bantu oleh mahasiswa (KKP/KKN UIN MATARAM,UIN BANDUNG DAN UNRAM). Selain di puskesmas tempat pelaksanaan vaksin polio juga berlangsung di posyandu (POSKESDES) dan termasuk di sekolah-sekolah PAUD, TK, SD/MI.

 adapun syarat untuk mendapatkan vaksin polio adalah membawa fotocopy kartu keluarga (KK) dan buku kartu Indonesia anak(KIA)

  Dengan adanya imunisasi polio tersebut di harapkan mampu dan dapat melindungi dan mencegah penyakit yang dapat merugikan perkembangan anak-anak di Indonesia khususnya di desa jembatan gantung dapat terlindungi dari ancaman polio. Dan juga dapat memberikan efek kekebalan tubuh untuk melawan polio dengan lebih efektif.

"Anak sehat bangsa kuat"

(Jembatan gantung/KKP UIN Mataram 2024)